Friday, 27 November 2009

Kuliner Purwokerto

Kupat Tahu Banyumas
Lokasinya ada di kota Banyumas. Dari Purwokerto kira-kira 16 km arah selatan. Ada dua lokasi warung sederhana kupat tahu ini. Setelah melewati sungai serayu, tepat perempatan pertama belok kanan. kira-kira 100 meter ada klenteng. Nah..di depan klenteng inilah lokasi pertama. Si empunya adalah kakak dari yang empunya lokasi kedua. Lokasi kedua dari lokasi pertama lurus, ketika jalan berbelok ikuti belokan ke kiri, kira kira 100 meter akan anda jumpai warung serupa.
Tidak seperti biasanya, kupat tahu ini tidak menggunakan bumbu kacang. Bumbunya campuran air dan gula kelapa. Rasa khasnya manis, pedas dengan rasa bawang putih mentah yang kuat. Kayu bakar digunakan untuk menggoreng tahunya, jangan heran bila anda akan menikmati lezatnya makanan seharga Rp. 4.000,- per mangkuk bersama asap kayu yang terbakar, tapi tentunya anda bisa berpindah tempat bila merasa terganggu. Bahkan di warung depan klenteng, bumbu diracik langsung di piring yang akan dihidangkan, juga cabe digerus di piring tersebut ;)
Tepat di sebelahnya, ada bakmi Gareng. Perlu dicoba karena bakmi gorengnya enak. Dua warung makan ini selalu ramai dikunjungi pengunjung. terutama di hari libur panjang, mobil berplat B mudah ditemui. Mereka adalah warga Banyumas - Purwokerto yang merantau dan kangen makanan ini.



Soto Sutri Sokaraja

Ini dia...kuliner yang paling hot di purwokerto. untuk mendapatkannya secara gampang anda harus datang sekitar jam 8 pagi saat warung buka. Siang sedikit pasti bakalan nunggu meja. Bahkan Idul Fitri tahun lalu, setelah mengantri 20 menit, kami memutuskan untuk pergi karena gak kuat antri lebih lama.
lokasi warungnya ada di belakang dolog Sokaraja. Apabila anda berkendara dari Purwokerto, sebelum sampai sokaraja, tepat sesudah dolog sebelah kiri jalan anda masuk gang kecil. Kira-kira 300 meter pas pertigaan akan anda temukan warung bertuliskan "Soto Sutri"
Anda akan disuguhi soto daging sapi (bisa pesan juga campur jeroan seperti usus sapi) dengan kuah yang sangat berkaldu, kupat, krupuk dan daun bawang mentah. lebih nikmat lagi ditambah sambal kacang. Rasanya manis, gurih, kaldu. Satu mangkuk cukup Rp. 6.000,-. Di meja juga terdapat tempe mendoan, tape ketan dan mireng.



1 comment: